TARGETED ADS: Algoritma Di Belakang Iklan Kita
Sering banget nggak sih Sobat melihat iklan produk sesuai dengan yang kita inginkan?📱✨
Tentunya, bukan sulap bukan sihir, hal ini terjadi karena sebuah algoritma! Targeted ads bekerja khusus sesuai preferensi kita dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan data yang kita berikan ketika mengunjungi suatu laman.
Lalu, bagaimana cara targeted ads menentukan preferensi pengguna? Ada nggak sih perdebatan soal hal ini? Simak infografik di atas, Sobat!
Sobat pernah merasa nggak sih kalau iklan yang muncul di internet cendenrung sama dengan apa yang kita inginkan? Misalnya, ketika kita sedang ingin membeli sesuatu secara online, kemungkinan besar setelah itu kita akan mendapatkan beberapa iklan yang sama seperti apa yang kita ingin beli. Pasti dong pernah kejadian kayak gitu. Kalau gk berarti kalian belum pernah belanja online Sobb, huufft😊. Tau ga sih Sob, iklan seperti itu bukan kebetulan, teteapi sengaja dan bahkan bisa terjadi berkat sebuah algoritma! Penasaran ga sih bagaimana targeted ads ini bisa muncul? Yuk simak penjelasan berikut ini!
gambar.jpg |
Apa itu targeted ads dan bagaimana cara kerjanya?
Tatgeted ads adalah iklan khusus yang sesuai dengan prefsensi kita. Targeted ads ini bisa muncul dan terjadi dengan berbagai macam cara. Namun pada dasarnya, targeted ads ini semua mengacu kepada informasi dan data yang kita berikan sendiri kepada platform yang kita kunjungi. Misalnya , ketika kita sedang berbelanja suatu produk di situs e-commerce, maka kemungkinan besar iklan yang muncul akan teririsi dengan produk tersebut atau yang serupa. Data yang dikumpulkan tidak hanya terbatas pada sejarah pencarian saja, tetapi data-data seperti lokasi geografis, gender, dan umur akan mampu untuk memetakan preferensi kita dan menentukan targeted ads ¬tepat untuk kita. Dengan data tersebut, algoritma dari platform tersebut akan mampu untuk membuat sebuah peta digital dari kita dan mengetahui preferensi kita secara tepat.
Manfaat dan problematika targeted ads
Iklan yang dikhususkan untuk kita terkesan begitu membantu. Karena jika iklan yang kita terima sudah terbentuk sesuai dengan preferensi kita, maka kita tidak harus susah payah untuk mencari sesuatu, karena iklan yang muncul menampilkan apa yang kita inginkan. Meskipun hal tersebut terkesan bermanfaat, targeted ads memiliki problematika pula. Sebagaimana targeted ads ini terbentuk dari data pengguna internet kita, munculah kekhawatiran mengenai data pribadi kitayang digunakan untuk membuat peta digital kita sendiri. Di satu sisi, pengguna data pribadi kita untuk targeted ads dan algoritmanya terkesan seperti pelanggaran dan penyalahgunaan dari data pribadi kita. Namun di sisi lain, internet dan platform yang gratis ini mendorong narasi bahwa “jika kita tidak membayar untuk suatu produk, maka kita adalah produknya”.
Manarik juga ya Sob! Ternyata iklan yang kita dapatkan di internet tidak semudah itu prosesnya dan bahkan menjadi sebuah dilema tersendiri! Menurut Sobat sendiri gimana? Apakah Sobat terbantu dengan adanya targeted ads ini, atau justru malah rishi dan ga mau ada targeted ads!?
Bagikan pengalaman mu di kolom komentar ya,,, seputar targeted ads ini! Dan jangan lupa bagikan juga blog ini ke rekan-rekan kalian.
follow ig saya: mari berteman
baca juga tulisan yang lain ya,,,Sob
😊 Terima kasih.
No comments
Post a Comment