Featured Post

Pengalaman Seru Bersama Komunitas Parkour Jakarta di Arisan Trans7

Saya Telah Lulus dari MSIB Batch 6 di Ruangguru Integrasi AI dalam Pengembangan Aplikasi Backend Engineering

 Pada akhir semester ini, saya dengan bangga dapat mengumumkan bahwa saya telah berhasil menyelesaikan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6 di Ruangguru. Program ini menawarkan kesempatan luar biasa untuk mempelajari dan menerapkan teknologi terbaru, dan saya memilih jalur belajar "Integrasi AI dalam Pengembangan Aplikasi Backend Engineering."


Pengalaman Tak Terlupakan

Program MSIB di Ruangguru tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis tetapi juga pengalaman praktis yang sangat berharga. Selama beberapa bulan, saya terlibat dalam berbagai proyek yang menantang dan menarik, yang semuanya dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman saya tentang pengembangan aplikasi backend yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan.


Alur Belajar

  1. Pengenalan AI dan Backend Engineering: Program dimulai dengan dasar-dasar kecerdasan buatan dan pengembangan backend. Modul ini membantu saya memahami bagaimana AI dapat diintegrasikan dengan aplikasi backend untuk meningkatkan fungsionalitas dan efisiensi.
  2. Pemrograman dan Algoritma AI: Saya mempelajari berbagai bahasa pemrograman yang relevan, seperti Python dan Java, serta algoritma AI seperti machine learning dan deep learning. Proyek mini dan tugas coding membantu saya mengaplikasikan teori dalam praktik.
  3. Pengembangan API dan Integrasi AI: Salah satu bagian paling menarik dari program ini adalah pengembangan API yang dapat berkomunikasi dengan model AI. Saya belajar bagaimana membuat dan mengelola API yang efisien serta mengintegrasikannya dengan model AI untuk aplikasi backend.
  4. Manajemen Basis Data dan Penyimpanan Data: Dalam modul ini, saya mempelajari bagaimana mengelola basis data yang kompleks dan besar yang sering dibutuhkan dalam proyek backend yang menggunakan AI. Pemahaman ini sangat penting untuk memastikan bahwa data yang digunakan oleh model AI selalu up-to-date dan akurat.
  5. Proyek Akhir: Bagian puncak dari program ini adalah proyek akhir, di mana saya harus mengembangkan aplikasi backend yang terintegrasi dengan AI dari awal hingga selesai. Proyek ini tidak hanya menguji pengetahuan teknis saya tetapi juga keterampilan manajemen proyek dan kolaborasi tim.

Tantangan dan Pembelajaran

Mengikuti program ini tentu tidak tanpa tantangan. Ada banyak momen di mana saya harus menghabiskan waktu ekstra untuk memahami konsep yang kompleks atau menyelesaikan bug dalam kode saya. Namun, setiap tantangan ini memberikan pelajaran berharga dan membantu saya tumbuh sebagai seorang pengembang. Dukungan dari mentor dan rekan-rekan di Ruangguru juga sangat membantu dalam perjalanan ini.


Masa Depan Setelah MSIB

Dengan pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh dari program MSIB Batch 6 di Ruangguru, saya merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Saya berharap dapat terus mengembangkan keterampilan saya dan menerapkan apa yang telah saya pelajari dalam proyek-proyek nyata. Integrasi AI dalam pengembangan aplikasi backend adalah bidang yang sangat menjanjikan, dan saya sangat bersemangat untuk melihat ke mana perjalanan ini akan membawa saya.


Ucapan Terima Kasih

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ruangguru, para mentor, dan semua teman-teman yang telah mendukung saya selama program ini. Tanpa dukungan dan bimbingan mereka, saya tidak akan bisa mencapai pencapaian ini. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan dan berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan di masa depan.


Baca juga : perjalanan


final



Program MSIB Batch 6 di Ruangguru telah membuka banyak pintu bagi saya, dan saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari perjalanan ini. Terima kasih, Ruangguru!





septian hari
Adalah saya pelajar pemula dalam dunia IT yang penuh semangat dan memiliki humor yang baik.

No comments